Jumat, 20 Agustus 2010

Hikmah di Balik Kerasnya Sepakbola

Nah, ini jawaban dari postingan gw sebelumnya. Sebenarnya, banyak bgt pelajaran kehidupan yg bisa diambil dari ajang Piala Dunia ini. Event ini bukan hanya sekedar ngeliatin orang gocek2 bola atau ngeliatin cowo2 cakep yang bisa membuat hati para wanita riang gembira. Kalo sebagian besar cewe nonton bola karna ada cowo ganteng, tapi gw pribadi banyak memetik pelajaran dari berbagai macam pertandingan yang gw tonton. Gw akan coba share apa aja yg gw dapet.

Pelajaran Pertama
Pelajaran pertama adalah bagaimana cara kita dalam mencapai tujuan hidup. Klo dalam pertandingan bola ini, tujuannya adalah mencetak gol sebanyak2nya biar bisa menang. Mereka melakukan segala cara, ada yg caranya “bersih” ada juga yang pake cara “kotor”. Cara “kotor” misalnya pura2 jatuh di kotak penalti atau biar pemain lawan dikasih kartu kuning trus dia bisa dapet tendangan bebas deh. Itulah yg dinamakan “diving” (menyelam yaa??). yang patut kita contoh tuh yg cara “bersih”. Caranya dengan pake skill sendiri,kerjasama, dan menghindari rasa egois. Skill dilatih dgn banyak latian atau bisa kita terjemahkan dengan banyak belajar. Kerja sama juga harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Kan manusia itu makhluk sosial, jadi harus ada kerja sama yang baik antarsesama lah (tapi kerja sama saat ujian bukan contoh kerja sama yang baik loh. Hehe). Rasa egois itu juga harus dikalahin. Konon katanya, stiap manusia pasti punya egonya masing2. Buktinya, klo liat hasil foto, pasti yg diliat mukanya duluan, udah cakep atau belum. Hehe. Tinggal bagaimana ngaturnya biar keegoisan itu ga berkembang terlalu besar. Liat aja, di pertandingan bola. Klo pemainnya mau nyetak gol pasti harus ada kerjasama antar pemain + mau berbagi bola dgn teman setimnya. Di saat posisinya ga pas buat cetak gol, maka dia ga boleh pelit. Dia harus kasih kesempatan itu ke temannya yg punya posisi bagus buat cetak gol. Untuk sementara, ambisinya sbg pencetak gol (biar dikenang orang) harus ditahan demi kemenangan negaranya.

Pelajaran Kedua
Pelajaran kedua adalah tentang semangat pantang menyerah. Dalam hal ini, tim yang layak dicontoh adalah tim Amerika Serikat dengan Donovan sebagai kaptennya. Smangat pantang menyerah itu kliatan di waktu pertandingan Amerika Serikat vs Algeria (kalo ga salah). Waktu itu, Algeria udh mimpin 1-0. Tapi, pasukan Amerika Serikat ga nyerah begitu aja. Mereka tetap cari celah buat cetak gol meskipun mereka tau kalo waktu pertandingan udah masuk injury time. Mereka terus-terusan nyerang Algeria. Ternyata, semangat dan ketidakputusasaan mereka membuahkan hasil. Lagi-lagi dgn kerja sama, Sang Kapten berhasil nyetak gol pas di masa injury time. Hmm, benar-benar perjuangan yang keras dan ga sia-sia. Bokap gw pun salut buat tim yg satu ini. Kalo bokap gw petinggi sepak bola dunia, mungkin beliau udh kasih award ke Amerika Serikat kali sebagai tim yang pantang menyerah dan berjuang keras. Saking senengnya liat itu gol, bokap ngajakin gw buat tos 5 jari, tossss... Hahaha, ada-ada aja. Plis deh pak, Yanti ga dukung Amerika. Waktu lawan Inggris juga (yg adalah tim kebanggaan gw), Amerika Serikat ga minder. Soalnya di atas kertas, Inggris unggul jauh dari Amerika Serikat baik dari segi materi pemain dan pengalaman. Tapi hasilnya, mereka bisa nahan Inggris sehingga hasil pertandingan imbang.

Pelajaran Ketiga
Pelajaran ketiga adalah rasa tanggung jawab. Pelajaran ini gw dapet waktu nonton pertandingannya Yunani. Jadi, di pertandingan itu, salah seorang pemain Yunani (yg gw ga tau namanya) ngerusak rumput lapangan. Gw ga tau tuh rumput diapain sampe bisa rusak gitu. Mungkin larinya yang terlalu uwo uwo atau nendangnya pake tenaga orang nepsong. Sampe2 tuh rumput, lepas dari tanah (baca: kecabut). Yang menarik adalah bukan tampang pemain Yunani itu, tapi tindakan si pemain Yunani itu. Ga tanggung-tanggung, dia langsung tanamin lagi tuh rumput. Jadi rumput yang kecabut tadi, dia tanamin lagi di tempatnya semula. Persis kayak orang yang lagi menanam tanaman (woy bang! Ini lagi pertandingan Piala Dunia bukan kontes menanam rumput). Atau mungkin dia mantan petani atau punya kebon sampe2 dia tau betul cara nanam yang baik. Kocak sih liatnya, tapi sebenarnya tindakannya itu patut dicontoh loh. Dia yg ngerusak, dia juga yg memperbaiki (kok kayak lagu yg sering dinyanyikan teman2 saya). Atau boleh dikatakan dia bertanggung jawab atas kesalahannya. Hmm, nice guy!  selanjutnya, kita namakan dia NG (nice guy, hehe). Mungkin NG tau kalo si Afrika Selatan udah ngeluarin duit banyak buat bikin tuh lapangan. Makanya NG sangat menghargai dan merasa bahwa dia harus ikut menjaga rumput di lapangan. Padahal dia adalah pemain yang tugasnya hanya bermain di lapangan. Dan bukan kewajiban mereka buat menjaga rumput lapangan. Main ya main aja, peduli amat sama rumput. Tapi, NG ternyata beda sama pemain lainnya. Statusnya sebagai pemain tidak menghalangi NG untuk tetap bertanggung jawab sama kesalahannya.

Pelajaran Keempat
Pelajaran keempat adalah friendship alias persahabatan. Mungkin salah satu kunci dari keberhasilan dari Spanyol memenangkan Piala Dunia adalah terciptanya rasa persahabatan. Persahabatan antara pelatih dgn pemain atau pemain dgn pemain. Ini keliatan waktu mereka ngerayain kemenangan di Madrid. Si pelatih keliatan bgt akrabnya sama pemain-pemainnya. Mereka bercanda bareng bahkan pelatihnya diangkat2 gitu. Seakan-akan ga ada gap diantara mereka. Padahal, klo gw bandingin, hubungan pelatih-pemain sama kayak dosen dan mahasiswanya. Semakin kita akrab dengan dosen tanpa harus menghilangkan rasa hormat, mungkin kita ga canggung buat nanya2 ke tuh dosen dan diskusi bareng tentang mata kuliah yg dipelajari. Nyatanya, jarang dosen yg seperti itu, mungkin begitu jg dengan pelatih. I wish it could be happened to Akuntansi Keuangan’s lecturer. Hehe. Liat aja, Prancis punya masalah sama pelatihnya kan? Akibatnya, boro-boro jadi juara dunia, putaran pertama aja langsung angkat koper. Hubungan antarpemain juga engga kalah pentingnya. Sesama pemain harus bisa saling mengenal dan akrab biar di lapangan bisa bikin kerja sama yg baik. Pemain2 Spanyol juga kliatan banget akrabnya waktu pesta kemenangan di Madrid itu, sampe2 si Fabregas (kayaknya) dipakein baju Barcelona. Mungkin maksudnya biar Fabregas pindah ke Spanyol dan mereka bisa main bareng di Barcelona. Maklum, di Barca kan emang banyak pemain Spanyolnya. Sedangkan di Inggris malah ada isu yg bilang klo Om Gerrard berantem sama Terry. Haduh, haduh, sesama pemain kok malah berantem? Gimana mau menang, klo internalnya aja udah ga beres. Belum lagi pelatihnya yg kayaknya agak dingin gitu sama pemain-pemainnya. Yg akrab dikit dong, Don Fabio... waktu di Afrika Selatan, pemainnya dibeliin mainan, tapi ternyata pemainnya itu pada ga suka sama mainan yg dibeliin si Capello. Makanya akrab, biar tau kesenangan pemainnya. Kerja sama yg baik memang dibangun dari persahabatan.

Sebenarnya masih banyak pelajaran yang bisa dipetik seperti kejujuran, lapang dada, saling menghormati, tenggang rasa. Loh loh, kok jadi kayak pelajaran PPKN di jaman SD dulu? Hahaha. Ternyata dari permainan si kulit bundar, banyak juga ya pelajaran berharganya. Tapi jujur, gw ga nonton smua pertandingan sepak bola. Yang gw tonton biasanya cuma pertandingannya Liverpool and England (my very favorite club and team), pertandingan sesama Big Four di Premier League (seru cuy), pertandingan yg ada OWENnya (he’s still my idol forever ever), World Cup (jarang ada alias cuma 4 taun skali), sama Indonesia (however, this is my lovely home). Yang lainnya ogah ah. Males begadangnya. Hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar