Jumat, 09 September 2011

Magang Punya Cerita


Seperti yang gw ceritakan sebelumnya, kalo gw magang di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Bisa dikatakan kalo magang di perusahaan ini bener2 di luar dugaan dan rencana gw. Sebagai mahasiswa yang berjurusan pajak, yang gw pengenin adalah magang di kantor konsultan pajak yang konon katanya ada banyak ilmu tentang pajak yang bisa dipelajari. Tapi sepertinya gw ga seberuntung temen2 gw yang bisa magang di kantor konsultan pajak. Tuhan memang punya kehendak lain. Di balik semua kesusahan gw nyari tempat magang, ternyata Dia menyiapkan tempat terbaik untuk gw. Gw ga cerita bagaimana bisa dapet magang di kantor itu. Yang jelas, tempat itu adalah jawaban doa gw dan bukti pemeliharaan Tuhan atas hidup gw. Ternyata Dia ga akan meninggalkan gw sendirian dalam menghadapi masalah hidup. Thanks God banget deh.

Gw ditempatin di divisi pajak di bawah naungan departemen Accounting. Awalnya gw takut dan grogi banget soalnya gw sendirian magang di situ. Lagipula, gw juga takut budaya kantor yang katanya selfish. Kalo orang-orangnya emang selfish, yang ngajarin gw siapa dong? Hari pertama, langsung kerja dan ternyata gw diajarin kok. Perkiraan gw salah sama sekali. Temen-temen dari sesama divisi pajak sangat membantu gw. Kalo gw ga bisa atau ga ngerti, mereka dengan sabar ngebantu gw meskipun kadang2 gw lemot. Haha, namanya juga mahasiswa (pembelaan diri yg maksa). Manajer pajak alias yang jadi supervisor instansi gw juga sangat membantu gw. Beliau banyak kasih nasihat plus ilmu-ilmu perpajakan yang baru gw ketahui. Kadang-kadang gw malu juga sih, kalo ditanyain macem2 suka ga tau jawabannya. Terus gw mikir deh, kemarin2 gw kuliah ngapain aja yaa? Tapi dia pertanyaannya kadang-kadang emang ga pernah gw pelajarin di kampus sih. Apalagi gw biasanya belajar akuntansi tentang perusahaan manufaktur, sedangkan pertanyaan dia tentang perusahaan jasa. Kan emang agak beda perlakuan akuntansinya (pembelaan diri yang mulai sedikit masuk akal).

Staf pajak cuma ada 3 orang. Kalo ditambah gw, kita jadi berempat. Biasanya kita kerja bareng2. Kalo ngerekon, gw sering kerja sama Mas Joko. Kalo ngerekap payment atau reporting, gw kerja sama Mbak Tanti. Kalo urusan scan, fotokopi, dan main ceng-cengan alias bercanda, gw kerja sama Mas Kus. Hehe. Kita berempat kerjanya ga terlalu dibawa serius. Sambil kerja, kita juga sering bercanda. Kadang sambil ngunyah alias makan (program diet pun gagal). Ya biar ga jenuh2 amat gitu. Ga hanya sama divisi pajak, kita juga sering bercanda sama divisi akunting dan investment. Mereka ramah2. Sebagai orang termuda, gw lah yang paling sering di-bully (re:diceng-in) sama mereka. Tapi gw ngerasa banget kalo gw dijaga di situ atau istilah kerennya diayomi. Hehe, aku kan adik terkecil mereka. Hihihi..

Ga cuma bercanda, temen2 juga sering kasih wejangan buat gw. Kita sering sharing bareng apalagi tentang keluarga (maklum banyak yg udah nikah juga), tentang kerjaan, suasana kantor, and many more. Kita sering makan siang bareng, ngerujak bareng. Bu Atiyah bahkan bikin sambel rujak yang enak banget. Kalo ada bazar di gedung sebelah, kita juga sering berburu barang2 murah. Di saat gw sibuk bikin laporan akhir magang, mereka juga terus menyemangati gw dan ikut ngedoain sidang magang gw juga. Masa-masa seperti itulah yang bakalan bikin gw kangen mereka. Oia, gw juga sering bercanda sama messenger dan OB-OB yang sering dateng ke meja gw. Kita ngerasa kayak ga ada perbedaan/gap. Semuanya sama dan yang penting bisa menjalin pertemanan kan? Toh, mereka juga orangnya seru dan enak buat diajak ngobrol.

Yang bikin gw ga enak adalah saat-saat dimana gw harus bikin laporan akhir magang. Gw harus bikin tuh laporan dalam waktu seminggu. Untung bagian kecil2nya udah gw cicil. Tapi tetep aja gw kewalahan. Gw pulang kerja dan sampe rumah jam 8-9 malam. Sampe rumah biasanya langsung mandi dan tidur. Baru jam 2 malam gw bangun buat kerjain laporan akhir. Di sela-sela istirahat kantor, juga gw pake buat kerjain laporan akhir. Berhubung istirahat cuma 1 jam, jadi gw ga bisa kerjain banyak. kalo kerjaan udah selese, kadang gw sempatin buat nyicil laporan akhir. Tapi jangan sampe ketauan bos. Yaa, meskipun diem-diem ternyata si bos tau juga. Hehe, jadi malu. Selama seminggu sebelum deadline, gw sangat kekurangan tidur. Bahkan selama 1,5 hari sebelum deadline gw ga tidur. Ckckck, mantep kan? Waktu hari H pengumpulan laporan akhir, temen2 kampus ngajakin nonton. Tapi gw ga bisa ikut mengingat gw masih ada tanggung jawab buat balik ke kantor. Rasanya pengen nangis deh, mesti bolak-balik kantor-kampus-kantor.

Waktu 3 bulan terasa berjalan sangat cepat. Tepat tanggal 6 September 2011 adalah waktu terakhir gw magang di situ. Ada perasaan senang karena gw ga harus bersusah payah lagi naik Transjek ke/dari Kuningan. Tapi sedihnya adalah harus meninggalkan temen2 kantor yang udah begitu baik sama gw. Kayaknya berat banget mesti pamitan sama mereka. Gw bakalan kangen sama suasana kantor yang begitu ceria dan hangat (padahal AC-nya nyaris bikin gw mati menggigil). Gw juga bakal kangen banget sama temen2 dari divisi pajak tercinta. Thanks guys for these unforgettable moments and experiences. I learn so much from you guys. I never forget all of you. Actually, I don’t want to leave, but I still have responsibility to finish my study in college. For MRN, thanks for big greeting card. For PRM, thanks for the present. I love it. For MKS and MJS, thanks for your helping when I did my job and for the jokes too :)


sebagian anak accounting:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar