Jumat, 09 September 2011

My Special Way (?)

Well, udah lama banget gw ga nulis di blog ini. Semua karena di liburan 3 bulan ini gw punya kesibukan baru. Apakah itu? Yak, MAGANG. Di semester 6 ini gw emang ngambil mata kuliah magang. Setelah melalui perjuangan yang sangat sangat berat dan menantang, serta dipenuhi dengan air mata (hanya gw dan Ka Khisi yang tahu beratnya perjuangan ini), akhirnya gw dapat tempat magang di daerah Kuningan di suatu perusahaan yang bergerak di bidang asuransi. Dapat tempat magang di situ bener2 di luar dugaan gw. Perjuangan gw selama ini ternyata akan berlabuh di perusahaan ini.

Di part ini, gw akan menceritakan bagaimana suka dukanya perjalanan menuju kantor yang berada di Kuningan. Ga semudah yang kalian bayangkan. Satu-satunya akses gw ke sana adalah menggunakan bis yang dinamakan Transjakarta. Gw naik bis yang koridor 9 (Pinang Ranti-Pluit) dan dilanjutkan dengan bis koridor 6 (Ragunan-Dukuh Atas). Buat ganti bis, gw harus transit di halte yang namanya Kuningan Barat dan jalan ke halte Kuningan Timur. Transit di dua halte itu, jalannya jauh loh. Emang sih ga sejauh halte transit yang di Semanggi. Tapi lumayan bikin pegel di kala pagi dan malam hari.

Berangkat pagi-pagi, sekitar jam 6, gw naik angkot ke terminal Pinang Ranti. Sampe di terminal, biasanya di sana udah antri. Isinya rata-rata orang-orang yang mau berangkat kerja. Kalo gw ngerasa belom telat, gw bakal ikutan antri supaya dapat duduk di dalam bis. Perjalanan gw lumayan jauh, jadi capek juga kalo harus berdiri. Tapi kalo kayaknya udah telat, mau ga mau gw ga ikutan antri dan ga dapet duduk. Nah, berhubung gw orangnya agak susah buat berangkat cepet dari rumah, biasanya gw ga ikutan antri dan berdiri di bis. Seiring berjalannya waktu, gw pun berpikir. Daripada gw susah-susah ke Terminal Pinang Ranti, mendingan gw naik dari shelter Tamini Square. Udah lebih deket dari rumah, toh ujung-ujungnya gw mesti berdiri juga kan?

Problem di pagi hari adalah bagaimana pegelnya gw harus berdiri dari depan Tamini sampe shelter Kuningan Madya (shelter deket kantor). Perjalanan di pagi hari memakan waktu 2 jam. Dan selama itu pula gw berdiri. Belom lagi desak-desakan di dalam bis. Mungkin ada yang nanya, kok lama sih padahal naik bis Transjakarta yang konon katanya punya jalur sendiri? Ya, itulah yang namanya perjuangan. Kalo cuma sebentar berdirinya, itu bukan perjuangan namanya. Yang bikin lama adalah waktu di shelter UKI, ada antrian bis Transjek (panggilan sayang gw buat Transjakarta) yang panjang buat naik-turun penumpang. Buat antri di situ aja bisa 15-20 menit sendiri, bahkan bisa lebih (kalo lagi sial). Sampai di Cawang, Jalan MT Haryono itu kalo pagi2 macet. Tapi kalo Transjek udah di dalam jalur pribadinya, rasanya seneng banget bisa ngelewatin kemacetan yang terjadi di jalan sebelah. Ga maksud buat pamer loh tapi emg rasanya ada kepuasan sendiri, hehe.

Gw turun di shelter Kuningan Barat dan harus jalan ke shelter Kuningan Timur buat naik bis selanjutnya. Sampe di Kuningan Timur, perjuangan terus berlanjut karena yang antri di situ banyak banget. Gw antri di situ bisa 20-30 menit padahal jarak ke kantor gw cuma butuh 10 menit. Lama di nunggunya kan? Ini dikarenakan penumpang yang mau naik banyak, tapi yang turun ga banyak2 amat. Kalopun gw berhasil masuk ke dalam bis, pasti di dalemnya desak-desakan parah. Tapi kondisi ini ga separah kalo pulang nanti. Simak terus aja cerita ini.

Pulang kantor menjadi hal yang menyebabkan kegalauan gw. Di satu sisi, gw pengen cepet2 pulang, di lain sisi gw males pulang kalo inget bagaimana susahnya perjalanan menuju rumah. Kira-kira beginilah kondisi perjalanan gw menuju rumah. Gw naik dari shelter Kuningan Madya. Di jam pulang kantor, shelter itu penuh dengan manusia. Buat beli tiketnya aja antrinya sampe panjang. Ckckck..

Sampe di dalam halte, keadaan sangat panas. Ya iyalah, isinya manusia semua yang berebutan oksigen. Ada Transjek yang dateng, tapi cuma bisa ngangkut 3-5 orang, soalnya ga ada penumpang yang turun dan di dalam bis juga udah penuh banget. Tapi, kadang ada Transjek kosong yang entah dari mana datangnya. Kalo udah dateng bis kosong gitu, orang-orang langsung kayak kesetanan, main dorong sana dorong sini. Akibat peristiwa itu, DUA gelang gw putus. Masalahnya gelang itu asli meeen dan baru beli lagi. Habislah gw diomelin nyokap di rumah. Katanya gw ga bakal dibeliin lagi. Hiks hiks, yang salah kan bukan gw. Tapi gara-gara kebrutalan para penumpang Transjek di shelter itu. Saking banyaknya orang dan bis yang dateng lama, gw pernah nunggu sampe hampir 1 jam. Gokil kan?

Keadaan serupa juga terjadi di shelter Kuningan Barat, tempat gw nunggu bis yang ke arah Pinang Ranti. Yang ngantri banyak, bis yang dinanti tak kunjung dateng. Habislah gw. Pegel berdiri cuy. Begitu udah masuk bis, di dalem juga berdesak-desakan. Saking penuhnya orang, AC-nya ga berasa sama sekali. Kadang-kadang gw sampe megap-megap di dalem gara-gara stok oksigen yang menipis. Ditambah lagi, jalanan yang macet sampe ke Pancoran. Ga tanggung-tanggung, rekor terlama gw berdiri adalah 2,5 JAM selama dari kantor sampe rumah. Rekor perjalanan pulang terlama adalah selama 3 JAM dari kantor ke rumah. “SESUATU” banget kan? *ngutip kata2 yang lagi tren saat ini.

Di dalem Transjek sendiri, banyak pengalaman yang terjadi. Kaki gw udah 2 kali kejepit pintu Transjek. Sakit loohh. Makanya sekarang gw ga mau berdiri deket pintu lagi (kalo ga terpaksa). Trus kaki diinjek sama orang lain waktu berdesak-desakan masuk ke Transjek udah menjadi hal yang biasa buat gw. Gw juga udah 3 kali liat orang yang tangannya kejepit pintu Transjek. Pas tangan mereka kejepit, mereka teriaknya mantep loh. Total sangat. Mungkin saking sakitnya kali yaa? Ngeri bener.. untung gw belom pernah. Gw juga pernah liat mbak-mbak yang pingsan di shelter. Gw ga tau knapa, tapi gw bisa tebak penyebabnya. Bisa jadi dia ga tahan empel-empelan di dalam bis atau di dalam shelter.

Kadang gw iri sama temen2 kantor gw yang rumahnya di Bekasi. Mereka punya banyak alternatif buat pulang, bisa naik kereta, naik Transjek, atau naik omprengan. Apalagi kalo naik omprengan, mereka tinggal duduk dan tidur. Di daerah gw, (kayaknya) ga ada omprengan. Naik bis umum juga ga ada. Makanya akses gw cuma Transjek ini. Senengnya gw naik Transjek ini cuma karena murahnya. Kemana-mana cuma 3500 perak. Trus ada jalur pribadinya lagi. Jadi ga perlu merasakan macet di beberapa tempat. Begitulah DUKA sukanya perjalanan menuju dan dari kantor. Tapi kalo udah di kantor, semua kesusahan itu terlupakan begitu saja. Kok bisa? Tunggu aja cerita gw selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar